Detail Berita

Nelayan di Minta Waspada

Senin, 01 Juli 2019 | Oleh: Humas DPRD Prov
Nelayan di Minta Waspada

SAMARINDA. Anggota DPRD Kaltim Rusianto mengimbau kepada nelayan khususnya di wilayah pesisir daerah Kabupaten Berau agar waspada terhadap ancaman gelombang setinggi dua meter. Gelombang tersebut berdasarkan BMKG Berau dan tidak menutup kemungkinan saat cuaca buruk akan datang dan membahayakan aktifitas  di laut.

“Oleh sebab itu sebaiknya waspada karena cuaca tidak menentu, sehingga bisa saja gelombang tinggi satu koma lima meter hingga dua meter. Tak hanya nelayan segala aktifitas transportasi dilaut juga berbahaya,” kata Rusianto.

Rusianto menambahkan, bahwa ia memahami jika ada nelayan yang takut dan tak melaut, akan kesulitan menafkahi keluarganya. Namun memaksakan melaut dimusim yang tidak menentu akan membahayakan keselamatan. Sebab selain gelombang tinggi, angin kencang yang saat musim kemarau juga berpotensi timbul.

Politikus Gerindra ini tak ingin ada insiden kapal karam, apalagi sampai menimbulkan korban jiwa. Bukan hanya korban yang dirugikan, namun keluarga korban yang ditinggalkan juga akan meninggalkan duka tersendiri.

Terutama jika korban adalah kepala rumah tangga maupun tulang punggung keluarga. “Ini yang dikhawatirkan, jadi lebih baik menunda melaut dan mencari alternatif penghasilan lain daripada memaksakan melaut tapi membahayakan keselamatan,” imbau Rusianto.

Karena itu, Rusianto berharap agar pengguna transportasi laut selalu memantau perkiraan cuaca melalui informasi resmi di website BMKG maupun melalui aplikasi cuaca pada smart phone. Dengan begitu dapat mengantisipasi kemungkinan buruk yang bisa terjadi. (adv/hms5)