Detail Berita

Tak Mampu Diimbau, Tindak Tegas Pembuang Sampah Sembarangan

Senin, 01 Juli 2019 | Oleh: Humas DPRD Prov
Tak Mampu Diimbau, Tindak Tegas Pembuang Sampah Sembarangan

SAMARINDA.  Anggota DPRD Kaltim Rita Artaty Barito mengajak masyarakat Kaltim untuk lebih meningkatkan kesadaran dalam menjaga kebersihan lingkungan dengan cara tidak membuang sampah sembarangan.

Menurutnya apabila diimbauan dan ajakan tersebut tidak mampu meningkatkan kesadaran masyarakat untuk bijak terhadap lingkungan maka perlu adanya tindakan tegas dari pihak berwenang.

“Siapapun yang membuang sampah tidak pada tempatnya harus ditindak tegas sesuai dengan peraturan daerah yang dimiliki kabupaten/kota. Sebab melihat kondisi saat ini, imbauan saja tidak mampu merubah sikap dan perilaku masyarakat untuk bijak terhadap lingkungan,” tuturnya.

Politikus Partai Golkar ini mengatakan bahwa ajakan ini disampaikannya, sebab menjaga kebersihan lingkungan tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, tetapi masyarakat juga sangat berperan.

“Agar kota kita ini lebih nyaman untuk dihuni, mari kita bersama-sama berkomitmen menciptakan Samarinda menjadi kota sehat, bersih dan rapi dengan bertanggungjawab menjaga lingkungan sekitar,” ucapnya.

Hal itu kata dia, untuk menjaga agar Kaltim terutama Samarinda sebagai ibu kota terbebas dari banjir. Pasalnya dengan kurangnya kesadaran masyarakat menjaga lingkungan dengan kerap membuang sampah sembarangan seperti di selokan dapat membuat buntu drainase hingga air tidak bisa mengalir normal, dan pada musim penghujan tumpukan sampah plastik maupun botol-botol minuman bekas penyebab  buntunya drainase tersebut dapat menyebabkan banjir.  Sebab terjadi pendangkalan dan penyempitan pada saluran drainase.

“Karena pada intinya kesadaran warga itu sangat penting. Apabila warga sekitar memang memiliki kepedulian yang tinggi tentang artinya kebersihan maka banjir akan bisa kita hindari,” ungkapnya.  (adv/hms3)