Detail Berita

Empat Prinsip Pembangunan yang Harus Diperhatikan Pemerintah

Kamis, 27 Juni 2019 | Oleh: Humas DPRD Prov
Empat Prinsip Pembangunan yang Harus Diperhatikan Pemerintah

SAMARINDA. Anggota DPRD Kaltim Jahidin mengatakan guna mencapai hasil yang maksimal pemerintah harus memperhatikan empat prinsip pembangunan yakni berlandaskan pada kearifan lokal, mendorong pemanfaatan optimal sumber daya lokal untuk mendorong kemandirian daerah.

Selain itu, menjaga keberlanjutan dan kelestarian lingkungan sebagai aset daerah dan nasional, mendorong kesadaran, kepedulian, partisipasi dan rasa memiliki oleh masyarakat akan proses dan hasil pembangunan.

“Prinsip-prinsip tersebut merupakan dasar pedoman pada rancangan pembangunan daerah baik jangka pendek hingga jangka panjang, dengan catatan tetap mempertimbangkan dinamika situasi, kondisi, dan kebutuhan terkini,” kata Jahidin pada rapat paripurna DPRD Kaltim, belum lama ini.

Dia menyebutkan, prinsip mendorong partisipasi sumber daya manusia lokal pada pembangunan daerah dinilai penting dalam rangka menciptakan kemandirian dan peningkatan perekonomian masyarakat dalam arti luas.

Apabila semua prinsip tersebut dapat dilaksanakan maka tujuan dan visi serta misi pembangunan Kaltim dalam arti luas semakin mudah terwujud sehingga dapat memberikan kesejahteraan bagi masyarakat.

“Pembangunan harus mampu menghasilkan dampak yang menguntungkan bagi kehidupan masyarakat yang menjadi sasaran pembangunan baik dampak ekonomi, sosial budaya maupun dampak lingkungan lainnya,” tuturnya. (adv/hms4)