Detail Berita

Pemprov Kaltim Sampaikan LKPj TA 2018

Rabu, 12 Juni 2019 | Oleh: Humas DPRD Prov
Pemprov Kaltim Sampaikan LKPj TA 2018

SAMARINDA. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Timur menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Gubernur Kaltim Tahun Anggaran 2018 kepada DPRD Kaltim.

Penyampaian LKPj itu disampaikan dalam Rapat Paripurna ke-15 DPRD Kaltim dengan agenda Penyampaian Raperda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kaltim Tahun Anggaran 2018 dan LKPj Gubernur Kaltim Tahun 2018, di Gedung Utama DPRD Kaltim, Jalan Teuku Umar, Selasa (11/6).

Rapat Paripurna dipimpin Ketua DPRD Kaltim HM Syahrun HS didampingi WakilKetua DPRD Kaltim Muhammad Samsun dan Andi Faisal Assegaf, serta dihadiri Asisten I Setda Provinsi Kaltim Muhammad Sa’bani, mewakili Gubernur KaltimIsran Noor dalam menyampaikan LKPj.

Syahrun mengatakan, LKPj adalah yang laporan berupa informasi penyelenggara pemerintahan selama satu tahun anggaran yang disampaikan kepala daerah kepada legislatif. Hal tersebut merupakan kewajiban konstitusional sesuai UU Nomor 23 Tahun 2014 Pasal 67 dan 69 tentang Pemerintah Daerah. Dimana, kepala daerah mempunyai kewajiban menyampaikan laporan penyelenggaraan pemerintahan daerah kepada pemerintah, dan memberikan laporan keteranganpertanggungjawaban kepada DPRD, serta menginformasikan laporanpenyelenggaraan pemerintahan daerah kepada masyarakat.

“Ini sebagai pertanggungjawaban kepada masyarakat atas pencapaian dan kinerjayang telah dilakukan oleh pemerintah. Sebab penyampaian LKPj tidak hanyadimaknai sebagai kewajiban hukum, tetapi juga mengandung informasi dancapaian kinerja pembangunan selama setahun terakhir,” ucap Syahrun.

Syahrun juga menyampaikan bahwa capaian - capaian pembangunan dalam sudut pandang penyelenggaraan pemerintahan daerah tidak hanya ditentukan oleh peran eksekutif di daerah, tetapi juga oleh peran strategis dari DPRD, termasuk seluruh komponen masyarakat Kaltim.

Politikus Partai Golkar ini mengaku, mengapresiasi segala kinerja dan pencapaian yang telah dilakukan oleh Pemprov Kaltim pada Tahun 2018 lalu. Menurutnya, sudah ada beberapa pencapaian yang memuaskan namun ada juga pencapaian yang masih perlu ditingkatkan. Salah satunya, berkaitan dengan kesejahteraan masyarakat dan pembangunan infrastruktur di daerah.

“Kami berharap kinerja pemerintah dapat terus ditingkatkan dan dapat lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya,” harapnya. 

Setelah penyampaian LKPj ini sesuai tahapan dan tata tertib, selanjutnya akan dilaksanakan rapat paripurna dengan agenda pemandangan umum Fraksi - Fraksi DPRD Provinsi Kalimantan Timur terhadap Penyampaian Raperda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kaltim Tahun Anggaran 2018 dan LKPj Gubernur Kaltim Tahun 2018. (adv/hms3/hms5)