Detail Berita

Waspadai Penyakit Akibat Banjir

Selasa, 11 Juni 2019 | Oleh: Humas DPRD Prov
Waspadai Penyakit Akibat Banjir

SAMARINDA. Pada musim penghujan, dalam beberapa waktu terakhir menyebabkan banyaknya persoalan yang selalu dikeluhkan masyarakat. Seperti banjir dan timbulnya berbagai macam penyakit mulai diare hingga flu dan demam.

Anggota DPRD Kaltim Rita Artaty Barito menuturkan kondisi cuaca seperti sekarang harus menjadi kewaspadaan semua pihak baik pemerintah maupun masyarakat. Hal ini penting guna mengantisipasi berbagai kemungkinan buruk yang mungkin terjadi.

Oleh sebab itu pihaknya menghimbau agar masyarakat menjaga pola hidup sehat dan tetap menjaga kebersihan serta mengkonsumsi suplemen atau multivitamin apabila dibutuhkan. Semua itu penting dalam menjaga agar kondisi tubuh tetap prima.

Selain masalah kesehatan, pemerintah diharapkan dapat melakukan pembenahan disegala lini dan secara bertahap terhadap permasalahan banjir yang saat ini terjadi di Ibu Kota Kaltim.

Ia menyebutkan, kurang baiknya drainase menjadi salah satu penyebab utama parahnya banjir khususnya di Samarinda disamping minimnya ruang terbuka hijau yang menjadi wadah penyerapan air.

“Harus diakui, dibeberapa tempat khususnya di daerah padat pemukinam drainasenya justru bermasalah,” sebutnya.

Diakui Rita, banjir merupakan persoalan klise yang menimbulkan banyak efek domino sehingga dibutuhkan sinerginya program terukur dari pemerintah daerah dan provinsi agar kedepan persoalan banjir benar-benar dapat diselesaikan.

“Segala program yang berkaitan dengan kepentingan orang banyak terlebih yang bersifat mendesak harus didukung semua pihak, seperti banjir karena dinilai sangat menggangu berbagai aktifitas mulai dari transportasi, perekonomian hingga kesehatan.(adv/hms3)