Detail Berita

Pasar Murah Selamatkan Daerah Rawan Lonjakan Harga

Kamis, 16 Mei 2019 | Oleh: Humas DPRD Prov
 Pasar Murah Selamatkan Daerah Rawan Lonjakan Harga

SAMARINDA. Anggota DPRD Kaltim Irwan Faisyal HP mengimbau agar dinas terkait yang menjadwalkan pelaksanaan pasar murah meggelar didaerah-daerah yang rawan lonjakan harga. Pasar murah juga perlu digelar tak hanya diperkotaan namun daerah terpencil juga.

Pasar murah yang biasa digelar oleh Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM baik tingkat provinsi maupun kabupaten kota sebaiknya juga melengkapi kebutuhan khususnya sembako dengan jumlah yang tidak sedikit. “Jangan pula minim sosialisasi. Jadwal pelaksanaan pasar murah harus diumumkan dengan baik. Pasar semacam ini sangat membantu warga dan dinanti-nanti terutama oleh ibu rumah tangga apalagi ditengah kondisi perekonomian yang minim,”kata Politikus Golkar asal Dapil Balikpapan ini.

Selain memang kenaikan harga hampir pasti terjadi saat memasuki bulan Ramadan, umumnya lonjakan harga terjadi diduga akibat keterbatasan stok karena distribusi yang terhambat. Oleh sebab itu dengan pasar murah diharapkan menjadi solusi menghadapi hal itu, setidaknya bisa mengurangi beban ekonomi memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Ia menambahkan, pemerintah tentu memiliki data daerah mana saja yang memiliki jarak tempuh jauh dan menjadi penyebab macetnya ketersediaan bahan pokok. Sehingga daerah-daerah tersebut harus mendapat perhatian dan sorotan khusus dari rawannya lonjakan harga bahan pokok, seperti gula, minyak goreng maupun telur.

Ia juga meminta pemerintah selalu memastikan bahwa harga jual komoditas utama dipasaran sesuai, upaya ini diharapkan agar daya jual dan daya beli masyarakat turut stabil. “Gelaran pasar murah juga harus dilaksanakan tepat sasaran, panitia pelaksana pasar murah juga harus mengantisipasi jika terjadi serbuan warga yang memiliki minat tinggi agar pelaksanaan tetap berjalan baik,” harapnya. (adv/hms5)