Detail Berita

Persiapkan Mulai Sekarang, Kaltim Akan Gelar Job Market Fair

Jum'at, 19 April 2019 | Oleh: Humas DPRD Prov
Persiapkan Mulai Sekarang, Kaltim Akan Gelar Job Market Fair

SAMARINDA. Pencari kerja di Kaltim tentu tak hanya dari warga yang berdomisili di Kota Samarinda, sehingga adanya jadwal gelaran Job Market Fair yang akan dilaksanakan 23 hingga 25 April mendatang oleh Pemprov Kaltim diharapkan bisa tersosialisasi dengan baik. Sehingga pencari kerja yang berasal dari Balikpapan, Tenggarong, Kutai Barat, Kutai Timur dan daerah Kaltim lainnya bisa mempersiapkan berkas yang diperlukan untuk memenuhi syarat lamaran kerja.

Hal itu disampaikan Anggota DPRD Kaltim Yahya Anja, ia tak ingin kesempatan baik yang terbuka itu terlewatkan. Belum lagi bagi mereka yang kebetulan memperoleh informasi gelaran bursa kerja saat job fair telah berlangsung dihari menjelang job fair berakhir.  “Ini juga bagian dari kendala, saya khawatir mereka yang semestinya memiliki harapan untuk bisa diterima disalah satu perusahaan justru kehilangan kesempatan. Sehingga sosialisasi harus dilakukan sebaik-baiknya,” kata Yahya.

Mengapresiasi upaya Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur mempermudah pencari kerja memperoleh informasi pekerjaan serta menekan angka pengangguran tersebut. Politikus Demokrat ini juga mendukung upaya pemenuhan hak penyandang disabilitas adanya lowongan pekerjaan untuk pelamar difabel yang disesuaikan kemampuan dan kualifikasi pendidikan pelamar. Hal ini terkait jaminan akses pekerjaan telah diamanatkan Pasal 53 UU No. 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas. Disebutkan setiap perusahaan wajib mengakomodasi penyandang disabilitas minimal satu persen dari total tenaga kerja di sektor swasta dan dua persen pada sektor pemerintahan.

Berdasarkan informasi yang ada, bahwa dalam Job Fair 2019 terdapat 28 perusahaan yang turut dalam job fair. Didominasi sektor perdagangan dan perhotelan 11 perusahaan, sektor keuangan 7 perusahaan, sektor jasa dan pertanian masing-masing 5 perusahaan. Selain itu jumlah lowongan perusahaan yang sudah terdaftar lebih dari 600 buah. Masyarakat yang ingin mencari kerja bisa langsung mengambil formulir di Kantor Disnakertrans Kaltim. (adv/hms5)