Detail Berita

Desa Samuntai Keluhkan Perlu Pelatihan Otomotif

Jum'at, 19 April 2019 | Oleh: Humas DPRD Prov
Desa Samuntai Keluhkan Perlu Pelatihan Otomotif

SAMARINDA. Anggota DPRD Kaltim Josep mengatakan warga Desa Samuntai, Kecamatan Long Ikis, Kabupaten Paser mengeluhkan minimnya peningkatan sumber daya manusia yakni belum adanya pelatihan otomotif dan alat berat.

“Masalah kesempatan di Desa Samuntai kerja nampaknya menjadi hal yang patut diperhatikan. Lembaga pelatihan bagi para pemuda tak mampu menampung minat para pemuda untuk mengkuti kursus keterampilan,” sebutnya.

Menurutnya, pelatihan keterampilan dalam rangka mempersiapkan generasi yang profesional dan siap kerja guna menghadapi ketatnya persaingan dunia kerja global yang semakin deras masuk ke daerah-daerah.

“Jadi untuk mengatasi pengangguran bagi mereka yang lulus menempuh pendidikan maka harus dibekali dengan pelatihan yang dibutuhkan dunia kerja di masing-masing daerah. Seperti di Paser misalnya, perusahaan banyak membutuhkan dibidang otomotif dan alat berat maka sudah seharusnya pemerintah dan Dinas Pendidikan Paser mengatasi persoalan itu,” katanya.

Pelatihan atau kursus hendaknya di lengkapi dengan sarana dan prasarana yang memadai sehingga mereka yang menjadi peserta tak hanya melulu diberikan teori saja melainkan berimbang dengan praktek lapangan.

Dia menyebut, bahwa melalui peningkatan sumber daya manusia yang profesional akan mampu mendongkrak pertumbuhan perekonomian daerah dan nasional dalam rangka peningkatan jumlah lapangan pekerjaan.(adv/hms4)