Detail Berita

Pembangunan, Tenaga Pendamping Desa Harus Berkualitas

Selasa, 16 April 2019 | Oleh: Humas DPRD Prov
Pembangunan, Tenaga Pendamping Desa Harus Berkualitas

SAMARINDA. Anggota Komisi I DPRD Kaltim Andarias P Sirenden mendorong pemerintah agar tak hanya mengejar kuantitas tenaga pendamping desa, namun kualitas Tenaga Pendamping Desa juga penting dalam upaya membantu desa meraih kemajuan pembangunan yang signifikan.

“Adanya kekosongan pada kuota tenaga pendamping memang perlu diisi mengingat keberadaan tenaga pendamping sangat diperlukan. Tetapi mendorong agar menciptakan tenaga pendamping yang berkualitas juga penting untuk membantu membawa perubahan yang signifikan  bagi desa,” kata Andarias.

Untuk diketahui, kekosongan sebanyak 70 kuota dari 471 tenaga pendamping yang diperlukan di wilayah Kalimantan Timur, Andarias juga menanggapi serius bahwa kekurangan tersebut dikhawatirkan menjadi keluhan tersendiri bagi desa yang tak mendapatkan pendampingan. Tak hanya itu, ia juga khawatir jika kekurangan yang ada akan membebani tenaga pendamping yang ada sehingga harus menangani lebih dari satu desa. “ketersediaan yang telah ditetapkan tentu sesuai dengan kebutuhan dilapangan, jika sampai ada seorang tenaga pendamping menangani dua hingga tiga desa khawatir akan mengurangi fokus mereka sebagaimana tujuan penugasan yang telah diemban,” ungkap Politikus Hanura ini.

Kedepan Ia berharap agar sosialisasi penerimaan tenaga pendamping desa lebih ditingkatkan sehingga selain kuota dapat terpenuhi tugas berat yang semestinya dijalankan juga dapat dijalankan sebaik-baiknya. Seperti meningkatkan kapasitas, efektifitas dan akuntabilitas pemerintah desa serta pembangunan desa. Meningkatkan prakarsa, kesadaran dan partisipasi masyarakat desa dalam pembangunan desa. Termasuk meningkatkan sinergi program pembangunan desa antar sektor. (adv/hms5)