Detail Berita

Mendorong Partisipasi Politik Publik Menjelang Pemilu 2019

Jum'at, 15 Maret 2019 | Oleh: Humas DPRD Prov
Mendorong Partisipasi Politik Publik Menjelang Pemilu 2019

SAMARINDA. Anggota DPRD Kaltim Ali Hamdi menghimbau masyarakat untuk meningkatkan partisipasi politiknya menjelang pemilihan presiden dan wakil presiden, DPR, DPD, dan DPRD pada 17 April 2019.

Ia mengatakan partisipasi pemilih dalam pelaksanaan pemilu mutlak diperlukan. Pasalnya, ketika masyarakat tak merasa memiliki dan acuh tak acuh terhadap penggunaan hak suaranya itu berarti ada yang kurang terhadap pendidikan politik dimasyarakat yang mana hal tersebut menjadi tanggungjawab bersama.

Penempatan pemilih sebagai subjek pemilihan umum sangat diperlukan karenan pemilih turut berperan aktif mendukung dalam perencanaan, pelaksanaan hingga monitoring dan evaluasi pelaksanaan pemilu sesuai dengan peran mereka masing-masing.

Dia menyebut, meningkatnya partisipasi masyarakat terhadap pemilu/pilkada menandakan bahwa demokrasi di daerah Kaltim sudah berjalan cukup baik dan masyarakat sadar terhadap hak-haknya sebagai warga negara.

“Semua pihak dengan perannya masing-masing harus mengupayakan bagaimana mendorong partisipasi politik terhadap pemilu maupun pilgub, tentu didasari kesadaran akan tanggung jawab sebagai warga negara yang baik dan sadar politik,” ujarnya.

Seperti diketahui, penyelenggaraan pemilu merupakan upaya penataan politik dan pemerintahan melalui proses politik yang dirancang guna memberi ruang bagi kekuatan politik dan masyarakat untuk terlibat dalam menentukan pejabat-pejabat publik.

Politikus PKS itu menambahkan bersamaan dengan restrukturisasi ruang publik tersebut, suatu kesadaran baru muncul akan pentingnya menegakkan kedaulatan rakyat dalam penyelenggaraan pemilu.  Hal ini merupakan tantangan besar untuk mampu mengejawantahkan penegakan kedaulatan rakyat dalam pemungutan suara.(adv/hms4)