Detail Berita

Tingkatkan Taraf Hidup Nelayan

Jum'at, 08 Februari 2019 | Oleh: Humas DPRD Prov
Tingkatkan Taraf Hidup Nelayan

SAMARINDA. Anggota Komisi II DPRD Kaltim Mursidi Muslim mendorong pemerintah provinsi Kaltim untuk lebih memberikan perhatian kepada nelayan. Menurutnya nelayan wajib diberikan perhatian lebih oleh pemerintah untuk meningkatkan taraf hidup para nelayan. Secara umum,  keberlangsungan hidup dan usaha nelayan wajib dijamin karena peran mereka yang tidak kecil dalam membantu pemerintah dalam hal menghasilkan devisa.

Mursidi menambahkan, pemerintah dapat memberikan bantuan kepada nelayan, seperti alat tangkap ikan, mesin untuk pompa atau sampan, perbaikan terhadap tanggul tambak, pengadaan air bersih, pendidikan yang layak dan banyak lainnya.

“Untuk menjamin bantuan itu bisa tepat sasaran, perlu adanya sinergi antar pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten/kota terkait. Lalu, mensurvei daerah kawasan nelayan yang dirasa memang perlu bantuan,” sebut Mursidi.

Sarana yang diberikan oleh pemerintah diharapkan dapat meningkatkan produktivitas mereka sebagai nelayan. Setidaknya mereka tidak perlu lagi memikirkan untuk mengeluarkan uang membeli alat tangkap yang baru.

“Sangat banyak peran nelayan juga cukup krusial dalam meningkatkan nilai ekspor, menyediakan bahan baku industri, memperluas lapangan kerja dan kesempatan berusaha. Juga menghasilkan protein hewani dalam rangka memenuhi kebutuhan pangan dan gizi, serta mendukung pembangunan wilayah sambil memperhatikan kelestarian dan fungsi lingkungan hidup,” urai Politikus Golkar ini. (adv/hms5)