Detail Berita

Gunakan Dana Desa Untuk Kesejahteraan Masyarakat

Kamis, 27 Desember 2018 | Oleh: Humas DPRD Prov
Gunakan Dana Desa Untuk Kesejahteraan Masyarakat

SAMARINDA - Anggota Komisi I DPRD Kaltim Jahidi mengatakan, Pemerintah Pusat mengucurkan program dana desa untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa melalui berbagai kegiatan pembangunan. Untuk itu, anggaran dari dana desa harus digunakan seoptimal mungkin dan berdasarkan skala prioritas kebutuhan desa. Pemanfaatannya pun harus berdasarkan hasil musyawarah dengan warga.

Untuk itu Politikus PKB ini mengharapkan agar penggunaan dana desa tidak hanya sekadar untuk mempercepat realisasi penyerapan anggaran dan laporannya, namun pemanfaatan anggarannya harus benar-benar tepat sasaran dan berdampak pada peningkatan ekonomi skala desa.

"Kami mengharapkan penggunaan dana desa tidak untuk kepentingan sesaat dan hanya untuk kelompok tertentu, dengan kegiatan yang tidak menyentuh kepentingan umum maupun bukan untuk pemberdayaan masyarakat," harapnya.

Oleh sebab itu, dana desa juga harus diprioritaskan untuk pembangunan infrastruktur yang berkaitan dengan peningkatan kesejahteraan warga setempat, seperti untuk pembangunan jalan sebagai akses pertanian.

Sedangkan untuk pemberdayaan masyarakat, antara lain untuk pelatihan peningkatan kapasitas warga dalam kaitan pengembangan usaha ekonomi produktif untuk menambah pendapatan asli desa.

“Yang tak kalah penting adalah untuk mendorong terbentuknya BUMDes dan penyertaan modal BUMDes, karena keberadaannya akan mampu menggali potensi lokal, meningkatkan ekonomi perdesaan, dan memberdayakan masyarakat,” tuturnya. (Adv/hms3)