Detail Berita

Soal Zonasi Sekolah, Perlu Pemerataan Infrastruktur

Kamis, 27 Desember 2018 | Oleh: Humas DPRD Prov
Soal Zonasi Sekolah, Perlu Pemerataan Infrastruktur

SAMARINDA. Anggota DPRD Kaltim Abdurrahman Alhasni meminta Pemerintah Provinsi Kalimantan Timuruntuk melakukan pemerataan infrastruktur pendidikanterutama sekolah

Hal ini terkait sistem zonasi sekolah yang diberlakukanKementerian Pendidikan sejak setahun terakhir yang dinilai banyak pihak belum tepat sasaran karenamenimbulkan banyak persoalan.

“Banyak orangtua yang mengeluhkan kalau anaknya takdapat menempuh pendidikan di sekolah negeri yang menjadi zonasi berdasarkan domisilinya dengan alasandaya tampung tak mencukupi,” katanya.

Ia menilai, bahwa kesalahan terjadi ketika melakukanperumusan kebijakan penerimaan peserta didik baru(PPDB), pemerintah tak melakukan studi lapangan ditiap daerah.

“Harusnya dilihat dulu apakah semua daerah mampumenjalankan kebijakan itu atau justru sebaliknya.Artinya, pemerintah pusat seharusnya berkoordinasidengan pemerintah provinsi,” sebutnya.

Kendati demikian, adanya sistem zonasi ini justrumenjadi cambuk bagi pemerintah provinsi dankabupaten/kota untuk menciptakan pemerataanpembangunan infrastruktur sekolah.

Dia menambahkan, melalui pembangunan fisik sekolahbaru dan penambahan ruang kelas yang merata di tiapkecamatan maka kebijakan zonasi sekolah dimaksudbaru akan dapat tepat sasaran.

“Kami (DPRD Kaltim, red), akan terus memperjuangkanagar dunia pendidikan di Kaltim mendapat porsianggaran yang maksimal, terutama berkaitan denganpembangunan sekolah,”pungkasnya.(adv/hms4)