Detail Berita

Menjaga Ketahanan Pangan Merupakan Tugas Bersama

Selasa, 18 September 2018 | Oleh: Humas DPRD Prov
Menjaga Ketahanan Pangan Merupakan Tugas Bersama

KETAHANAN PANGAN: Wakil Ketua DPRD Kaltim Muhammad Samsun saat menjadi narasumber Seminar Nasional dengan tema “Kebijakan Pemerintah terhadap Keberlanjutan Pangan” oleh Himpunan Mahasiswa Agribisnis dan Komunikasi Pemberdayaan Masyarakat, Fakultas Pertanian, Universitas Mulawarman, beberapa waktu lalu.

SAMARINDA. Wakil Ketua DPRD Kaltim Muhammad Samsun mengatakan merupakan tugas bersama seluruh elemen di Kaltim  dalam menjaga ketahanan pangan. Hal ini disampaikannya saat menjadi narasumber Seminar Nasional dengan tema “Kebijakan Pemerintah terhadap Keberlanutan Pangan” oleh  Himpunan Mahasiswa Agribisnis dan Komunikasi Pemberdayaan Masyarakat, Fakultas Pertanian, Universitas Mulawarman, beberapa waktu lalu.

Samsun menjelaskan tugas bersama yang dimaksud adalah, pemerintah daerah  dapat menjaga ketahanan pangan dengan merumuskan kebijakan yang tepat agar kinerja pertanian di Kaltim tidak menurun.

“Caranya dengan merumuskan pendidikan, bantuan dan pembinaan supaya jumlah petani tidak menurun. Begitu juga dengan pencegahan konversi lahan pertanian produktif, penjaminan (asuransi) resiko usaha pertanian, dan lain-lainnya,” ucap Politikus Partai Golkar ini.

Sedangkan DPRD, sebutnya, membuat regulasi atau payung hukum untuk mendukung pelaksanaan kebijakan pemerintah daerah dalam bidang pertanian dalam rangka ketahanan pangan di Kaltim.

Untuk Perguruan Tinggi dapat melaksanakan riset dan pendidikan sebagai landasan ilmiah dan empiris dalam membuat kebijakan bidang pertanian.

“Jika tugas ini kita kerjakan bersama saya yakin Kaltim akan terus dapat menjaga ketahanan pangan,” tuturnya. (adv/hms3)