Detail Berita

Dorong Tingkatkan Pertumbuhan BUMDes

Senin, 19 Maret 2018 | Oleh: Humas DPRD Prov
Dorong Tingkatkan Pertumbuhan BUMDes

SAMARINDA. Program pengembangan desa dalam rangka menciptakan pemerataan pembangunan tentu tidak terlepas dari peran Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dalam membantu peningkatan perekonomian di desa.

Oleh sebab itu, Ketua Komisi II DPRD Kaltim Edy Kurniawan mendorong peningkatan pertumbuhan BUMDes di Kalimantan Timur dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa.

“Pemerintah baik pusat maupun provinsi sudah banyak mendukung program ini, hanya saja memang masih ada beberapa desa yang belum berani untuk membentuk, dan perlu terus didorong demi kemajuan desanya masing-masing,” kata Edy.

Pihaknya, menilai berbagai dinamika yang terjadi di desa tentu membuat pengurus desa semakin berhati-hati dalam mengambil kebijakan yang berkaitan dengan penggunaan Alokasi Dana Desa (ADD) agar tidak menimbulkan persoalan dikemudian hari.   

Oleh sebab itu peran pemerintah dan instansi terkait sangat perlu dimaksimalkan dalam memberikan pendampingan termasuk memberikan pemahaman kepada pengurus desa terkait pentingnya mengejar laju pembangunan baik infrastruktur maupun ekonomi.

“Kalau masih ada yang ragu dan khawatir bisa dimaklumi, akan tetapi semua itu bisa hilang kalau ada pendampingan yang semakin memudahkan pengurus desa dalam membuat dan melaksanakan berbagai program pembangunan desa dalam arti luas,” tuturnya.

Ia menambahkan, hal yang tidak kalah pentingnya adalah pemberian ADD untuk BUMDes sebagai sumber juga perlu ditingkatkan agar perannya dalam membantu meningkatkan pendapatan desa bisa maksimal.

Seperti diketahui, merujuk data Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT), jumlah BUMDes terus meningkat tiap tahunnya seperti 2017 sebanyak 22 ribu BUMDes. Akan tetapi baru sekitar 50 diantaranya yang maju.(hms4)