Detail Berita

Komisi I Pertanyakan Kinerja Tim Identifikas dan Verifikasi Lahan

Kamis, 08 Maret 2018 | Oleh: Humas DPRD Prov
Komisi I Pertanyakan Kinerja Tim Identifikas dan Verifikasi Lahan

SAMARINDA – Meski sudah beberapa kali difiaslitasi oleh Komisi I DPRD Kaltim, kasus penyerobotan lahan milik warga Bakungan, Kecamatan Loa Janan, Kabupaten Kutair Kartanegara (Kukar), oleh PT Multi Harapan Utama (MHU) masih terus berlanjut.

Disampaikan Ketua Komisi I DPRD Kaltim, Zain Taufik Nurrohman, pihaknya telah membentuk tim yang di ketuai oleh Kadishut untuk melakukan identifikasi dan verifikasi lahan. “Namun hingga sekarang, kerja tim dimaksud belum berjalan,” katanya.

Sehingga, sampai saat ini warga masih dihantui kersahan, karena aktivitas land clearing oleh perusahaan terus berjalan. “Bahkan saya dapat informasi, warga dengan pihak perusahaan sempat terjadi ketegangan yang mengarah kepada konflik fisik,” sebut Zain.

Sehingga, ia meminta kapada pemerintah khususnya instansi terkait yang sebelumnya telah berkomitmen untuk seperti BPKH, Distamben, Dishut, BPN, Kades segera menyelesaikan persoalan ini. “Khususnya Dishut beserta timnya yang bertanggungjawab pada proses penyelesaian konflik ini segera melaksanakan tugasnya,” tegas Zain.

Tambah Zain, pihaknya warga sudah melakukan berbagai cara, mulai dari melaporkan kejadian ini ke pihak kepolisian dan meminta pihak perusahaan untuk melakukan musyawarah untuk menghindari konflik, akan tetapi hingga saat ini belum membuahkan hasil.

“Dari pengakuan warga, mereka sudah mendiami daerah tersebut sejak 1988, bahkan pada 1990 warga sudah memiliki sertifikat hak milik. Persoalan kemudian timbul ketika perusahaan datang dan langsung melakukan perampasan lahan,” aku dia.

Ia berjanji, akan kembali membawa masalah sengketa lahan ini ke internal komisi I. Sehingga, persoalan serupa tidak terjadi lagi. “Kami akan jadwalkan kembali secepatnya untuk memanggil pihak-pihak terkait, termasuk PT MHU untuk memintai keterangan. Juga progres kerja tim dari Dishut yang sebelumnya susdah dibentuk, bagaiman hasilnya,” tandas politisi PAN ini. (adv/hms6)