Detail Berita

Syahrun ajak Warga Mediasi ke Karang Paci

Senin, 11 Desember 2017 | Oleh: Humas DPRD Prov
Syahrun ajak Warga Mediasi ke Karang Paci

JARING ASPIRASI: Ketua DPRD Kaltim (duduk baju putih kopiah hitam) usai melaksanakan reses bersama warga Desa Batuah, Kecamatan Loa Janan, Kabupaten Kutai Kartanegara, Jumat (8/12).

LOA JALAN – Ketua DPRD Kaltim M Syahrun, Jumat (8/12), hadir di tengah puluhan masyarakat Desa Batuah, Kecamatan Loa Janan, Kabupaten Kutai Kartanegara. Dirinya hadir dalam rangka melaksanakan reses pada masa sidang III DPRD Kaltim, guna melaksanakan reses atau menjaring aspirasi masyarakat.

Melalui reses yang berlangsung di Balai Pertemuan Desa Batuah itu, diketahui bahwa infrastruktur berupa jalan, air bersih, pembangunan rumah ibadah, hingga persoalan ijin tambang dan perkebunan di Desa Batuah masih menjadi momok bagi desa yang berpenduduk lebih dari 15 ribu orang tersebut.

Seperti yang diungkapkan Syahril, dirinya mempersoalkan izin tambang serta perkebunan yang menurutnya telah banyak merugikan warga. Akibat dampak lingkungan serta izin usaha yang berupa hak guna usaha, sehingga menyebabkan lahan dan pemukiman warga di Batuah hampir habis.

“Tidak ada lagi artinya izin tambang yang mengatur tata ruang Desa Tani Harapan dan Batuah, jadi warga habis dijual lahannya dan pergi. Sumber air bersih hilang, udara tercemar dan tanam tumbuh di Desa Batuah sudah sangat sulit,” ujar Syahril.

Menyikapi hal tersebut, Syahrun memastikan bahwa dirinya akan segera mengkoordinasikan permasalahan yang dialami warga Desa Batuah dan Tani Harapan kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait. “Saya minta agar pihak desa  segera mengirimkan aduan tertulis kepada DPRD Kaltim, untuk segera di mediasi, sehingga permasalahan ini segera selesai,” terang Syahrun.

Dalam menjalankan fungsinya, DPRD Kaltim di katakan Syahrun hanya memiliki tiga fungsi, yakni legislasi, pengawasan dan budgeting. Sementara eksekutor atas setiap permasalahan yang diadukan warga, akan dikembalikan ke pemerintah. (hms)