Detail Berita

Antisipasi Gangguan Distribusi Bahan Pokok ke Bontang Hingga Berau

Jum'at, 08 Desember 2017 | Oleh: Humas DPRD Prov
Antisipasi Gangguan Distribusi Bahan Pokok ke Bontang Hingga Berau

SAMARINDA. Anggota DPRD Kaltim Syafruddin berharap Pemerintah Provinsi Kaltim serius mengantisipasi gangguan penyaluran distribusi barang dan jasa ke wilayah rawan banjir dan longsor akibat tingginya curah hujan yang terjadi akhir-akhir ini. Beberapa daerah tersebut seperti wilayah Bontang, Sangatta hingga ke Muara Wahau dan Labanan.

Hal itu disampaikan Politikus PKB asal Dapil Bontang, Kutai Timur dan Berau ini mengingat wilayah tersebut memiliki kondisi jalan yang cukup rentan terhadap ancaman kondisi jalan rusak parah.

“Sangat perlu diantisipasi, jangan sampai distribusi terganggu sehingga menghambat roda perekonomian  dan mengganggu harga stabilitas kebutuhan pokok maupun barang-barang sekunder lain,” kata Syafruddin mengingatkan.

Antisipasi dapat dilakukan dengan memonitor langsung titik-titik rawan yang seringkali menyebabkan kendaraan tak bisa lewat akibat jalan rusak parah. Tak hanya itu, pohon tumbang juga dapat menyebabkan hambatan bagi kendaraan jika menghalangi jalan. Oleh sebab itu upaya memonitor lokasi rawan perlu dilakukan dengan menempatkan posko-posko dibeberapa titik.

Dia menambahkan, upaya antisipasi dengan mempersiapkan berbagai perlengkapan seperti alat berat juga sangat diperlukan sebagai upaya awal mengatasi jika ada kendaraan yang terjebak lumpur maupun kerusakan akibat medan jalan yang berat.

Namun demikian, dia memahami kondisi cuaca yang memang tidak selalu dapat dikendalikan sehingga menyebabkan jalan rusak hingga putus. Namun alangkah baiknya dengan upaya terus membangun dan memperbaiki infrastruktur jalan maka kondisi cuaca ekstrem seperti saat ini maka bencana dan kendala dapat diminimalisir. (hms5)