Detail Berita

Pedagang Kecil Perlu Perhatian

Jum'at, 08 Desember 2017 | Oleh: Humas DPRD Prov
Pedagang Kecil Perlu Perhatian

SAMARINDA. Arus globalisasi dan moderenisasi membuat usaha retail dan usaha bermodal besar tumbuh sumbur di berbagai daerah. Kendati demikian, pemerintah sudah seharusnya memperhatikan para pedagang kecil agar tetap bertahan di tengah ketatnya persaingan.

“Kunci perekonomian dasar di tengah masyarakat salah satunya para pedagang kecil, karena itu pemerintah baik provinsi maupun kabupaten/kota diharapkan untuk peduli terhadap para pedang kecil dan menengah,” kata Anggota Komisi II DPRD Kaltim Ali Hamdi.

Menurutnya, sebagai langkah logis pemerintah seharusnya menghentikan laju pengembangan mall, supermarket, indomaret dan sejenisnya, karena keberadaannya dirasakan dapat membunuh pedagang kecil dan menengah sehingga perlu dilakukan kontrol ketat.

“Kalau Mall dan sejenisnya perputaran uangnnya hanya pada segelintir orang saja dan hanya berkutat pada orang-orang yang kaya, berbeda dengan pasar tradisional yang mampu membuat perpuratan perekonomian yang sehat serta mandiri,”tuturnya.

Jika hal ini terus dibiarkan maka secara tidak langsung pemerintah akan banyak melahirkan para pengangguran dan masyarakat miskin akibat dari kebijakannya sendiri, karena pedagang makanan di kaki lima serba salah di tengah kenaikan harga sejumlah bahan pokok makanan, karena kalau menaikan harga akan kehilangan pengunjung dan sedangkan jika tidak dinaikkan terus merugi.

Oleh sebab itu pemerintah provinsi harus menggandeng pemerintah kabupaten/kota se-Kaltim untuk melakukan persamaan persepsi atau jika perlu Memorandum of Understanding (MoU), sebab jika tidak segera ditindak lanjuti pembangunan mall, supermarket dan bisnis waralaba sejenisya akan semakin berkembang pesat terutama di kawasan kota-kota besar di Kaltim.(hms4)