Detail Berita

Jawab Kebutuhan Kapal Warga Desa Kutai Lama

Kamis, 09 November 2017 | Oleh: Humas DPRD Prov
Jawab Kebutuhan Kapal Warga Desa Kutai Lama

BANTUAN: Disaksikan Anggota DPRD Kaltim Baharuddin Demmu (Baju Batik), sejumlah warga Desa Kutai Lama, Kecamatan Anggana menerima bantuan kapal yang diserahkan Kepala Bidang Pemberdayaan Nelayan Kecil DKP Kukar, Syafiuddin, Rabu (8/11).

SAMARINDA. Pemprov Kaltim melalui bantuan keuangan (bankeu) yang diperjuangkan Anggota DPRD Kaltim Baharuddin Demmu, kembali memberikan bantuan sejumlah kapal kepada nelayan yang ada di Desa Kutai Lama, Kecamatan Anggana, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Rabu (8/11) kemarin.

Bantuan yang diserahkan melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kukar diharapakan Baharuddin bisa dimanfaatkan dengan baik oleh para nelayan dan bantuan tersebut tidak untuk diperjualbelikan. “Kalau ada yang kurang, Insya Allah kita bantu lagi,” ujarnya.

Menurut dia, bantuan kapal tersebut didasari bentuk kepedulian pemerintah kepada para nelayan yang ada di pesisir Kukar. “Nelayan-nelayan kita ini sangat butuh (kapal), dan ini merupakan salah satu bentuk kebutuhan dasar mereka. Artinya, kita sebagai pelayan rakyat, yah harus mau dimintai tolong sama mereka,” sebut Politikus PAN ini.

Tidak hanya itu, ia meminta kepada masyarakat yang belum mendapatkan bantuan untuk tetap bersabar. Hal ini dikarenakan keterbatasn anggaran, membuat sejumlah aspirasi dan permintaan masyarakat Kaltim tidak bisa diakomodir secera keseluruhan.

“Tentu bantuan-bantuan seperti ini diberikan secara bertahap. Misalnya, Desa Kutai Lama dapat kapal nelayan, beberapa waktu lalu Desa Sepatin dapat Tandon air. Nah, nanti desa lain dapat yang sesuai usulan,” beber pria yang akrab disapa Bahar ini.

Kepala Bidang Pemberdayaan Nelayan Kecil DKP Kukar, Syafiuddin mengatakan, kapal yang diberikan itu hanya berjenis kapal kecil yang jangakauannya terbatas.

“Nelayan kita kalau mencari ikan, jangakaunnya jauh. Mungkin kedepannya, bantuan kapal yang ada bisa lebih besar dari ini. Karena sekarang ini, populasi ikan sudah agak jauh ke tengah laut, jadi dibutuhkan kapal yang bisa menjangkau,” bebernya.

Hal senada juga disampaikan Sekretaris Desa (Sekdes) Kutai Lama, Abdul Rahman. Bantuan yang ia terima merupakan kebutuhan dasar para penduduk yang mayoritas nelayan di desa tersebut. “Kami dari pemerintah desa sangat antusias dengan bantuan ini, karena warga desa kami memang mayoritas nelayan tangkap dan nelayan tambak. Bantuan kapal ini sangat bermanfaat,” ujarnya.

“Mudah-mudahan kedepannya bisa ditambah lagi, karena banyak masih warga di sini yang membutuhkan dengan bantuan ini,” tambahnya. (hms6)