Detail Berita

Pariwisata Harus Didukung dengan Infrastruktur

Rabu, 01 November 2017 | Oleh: Humas DPRD Prov
Pariwisata Harus Didukung dengan Infrastruktur

SAMARINDA. Anggota Komisi IV DPRD Kaltim Hermanto Kewot menilai bahwa seharusnya objek-objek wisata di Kaltim yang diharapkan mampu membantu meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dapat didukung dengan infrastruktur yang baik.

Penilaian Politikus PDI Perjuangan tersebut dilontarkan dengan alasan masih banyaknya ruas-ruas jalan yang menuju lokasi wisata dalam keadaan rusak berat hingga tidak bisa dilalui.

“Sangat disayangkan masih banyak tempat wisata di Kaltim yang masih sulit dijangkau melalui jalan darat,” ucapnya. 

Padahal sebut dia, setiap tahun pemerintah mencanangkan Program  Tahun Kunjungan Wisata Kaltim untuk memperkenalkan potensi dan objek wisata Kaltim, namun jika dalam kondisi seperti sekarang pariwisata tidak didukung dengan infrastruktur dan sarana yang baik maka program tersebut tentunya tidak akan berjalan dengan baik.

Sebaliknya, jika pemerintah serius mengelola potensi pariwisata yang dimiliki Kaltim, maka terlebih dahulu diprioritaskan untuk memperbaiki segala sesuatu hal yang berkaitan. Contohnya seperti infrastruktur, sarana dan prasarananya.

“Jika dikelola dengan baik dan berhasil, sektor pariwisata tentunya   akan berperan menambah PAD Kaltim,” katanya.

Menurut, wakil rakyat dari Dapil Penajam Paser Utara dan Paser ini pariwisata Kaltim memiliki potensi yang sangat luar biasa. Untuk itu ia berharap agar pihak-pihak terkait seperti Dinas Pariwisata dan Dinas PU untuk serius mengelola sektor wisata di Kaltim dan infrastrukturnya.

Hingga saat ini, untuk meningkatkan jumlah wisatawan ke Kaltim pemerintah sudah membangun Bandara Maratua, agar obyek wisata di kepulauan Derawan dan sekitarnya dapat dikunjungi dengan mudah.  Selanjutnya, diharapkan pemerintah terus berupaya membangun akses masuk atau infrastruktur  seperti jalan dan pelabuhan  menuju obyek wisata yang ada di Kaltim.

“Jika objek wisata didukung oleh infrastruktur, sarana dan prasarana yang baik maka dijamin akan mengundang wisatawan untuk mengunjungi objek wisata di Kaltim,” tuturnya.

Sekadar diketahui, mengutip data dari situs Webma.com, Kaltim memiliki obyek wisata sebanyak 378 buah yang tersebar di 10 kabupaten/kota.  (hms3)