Detail Berita

APBD Kaltim 2018 Harus Pro Rakyat

Rabu, 01 November 2017 | Oleh: Humas DPRD Prov
APBD Kaltim 2018 Harus Pro Rakyat

SAMARINDA. Anggota Komisi III DPRD Kaltim Syafruddin mengatakan Alokasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kaltim 2018 yang saat ini dalam proses pembahasan di tingkat komisi-komisi dengan mitra kerja, harus pro rakyat dan merata sehingga dapat menampung aspirasi seluruh kabupaten/kota.

 

Alokasi anggaran pada APBD Kaltim 2018 pun diharapkan mengedepankan asas manfaat dan skala prioritas anggaran yang menjadi kebutuhan dasar masyarakat Kaltim saat ini. Seperti perbaikan infrastruktur jalan, penyediaan air bersih dan listrik, serta pelayanan kesehatan dan pendidikan di seluruh kabupaten/kota di Kaltim.

Dengan menerapkan mekanisme dan pola tersebut, diharapkan akan tercipta sebuah formulasi APBD yang baik serta adil ke semua daerah tanpa membedakan satu sama lain yang menyebabkan disparitas.

“Pelaksanaan pembangunan yang menggunakan dana APBD harus lebih proporsional dan merata di seluruh kabupaten/kota, sehingga tidak menimbulkan terjadinya kesenjangan diantaranya,” katanya.

Bila hal itu dapat dilakukan sebut Politikus PKB ini, maka anggaran yang dituangkan dalam APBD Kaltim 2018 dapat dikatakan pro rakyat, mengingat masyarakat Kaltim yang sebenarnya ada di setiap kabupaten/kota.

Hal yang tidak kalah pentingnya sambung dia, adalah dengan mengajak pemerintah untuk melakukan hal serupa. Sebab semangat tidak dapat dari satu pihak saja melainkan kedua belah pihak yang saling terkait yakni DPRD dan pemerintah.

“Kesepahaman merupakan modal dasar dalam membangun daerah, sebab hanya dengan cara tersebut tujuan dari visi dan misi pembangunan Kaltim dalam arti luas dapat tercapai dengan baik, adil dan merata,” ucap wakil rakyat asal daerah pemilihan Kabupaten Bontang, Kutai Timur dan Berau ini. (hms3)