Detail Berita

Momentum Sumpah Pemuda

Rabu, 01 November 2017 | Oleh: Humas DPRD Prov
Momentum Sumpah Pemuda

SAMARINDA. Masih dalam momentum Sumpah Pemuda yang diperingati setiap 28 Oktober, Anggota DPRD Kaltim Jafar Haruna berpesan momen ini jangan sampai dilewatkan tanpa arti. Ia berharap momentum sumpah pemuda memiliki refleksi membawa ke arah yang lebih baik bagi bangsa Indonesia.

Terkait upaya membawa bangsa ini ke arah yang lebih baik, Politikus Demokrat ini mengatakan peran pemuda sangat dibutuhkan ditengah banyaknya tantangan yang dihadapi oleh bangsa ini. Terkhusus maraknya narkoba yang kian merajalela.

Menurut dia, narkoba bahkan menjadi musuh nyata yang dapat meruntuhkan masa depan generasi muda. “Apalagi dewasa ini narkoba semakin menggorogoti pemuda kita. Tidak hanya itu, beredarnya video porno yang perankan pemuda-pemuda kita pada momentum sumpah pemuda menjadi masalah serius yang harus kita antisipasi bersama,” kata Jafar.

Ia juga menambahkan,  peran para orang tua sangat dibutuhkan untuk mengantisipasi narkoba. Jafar mencontohkan, ketika di rumah orang tua harus membiasakan diri memantau dan berkomunikasi dengan anak-anak.

“Ini sangat penting, meskipun untuk pendidikan sudah kita serahkan pada sekolah. Namun bukan berarti  menyerahkan dan memercayakan sepenuhnya kepada sekolah soal bimbingan karakter dan perilaku anak,” sebutnya.

Selain itu, sekolah juga diimbau untuk selalu melakukan kontrol yang ketat kepada para siswa, jangan hanya sekedar memberikan materi pelajaran saja, kemudian dianggap tugas pihak sekolah mendidik murid selesai.

“Berikan bimbingan dan kepedulian kepada siswa, tekankan bahwa siswa harus taat aturan. Pemberian sanksi juga harus sifatnya edukatif dan mendidik. Pada dasarnya mereka ini perlu pendekatan persuasif dan kekeluargaan. Mereka adalah harapan bangsa yang harus kita ayomi dan lindungu,” urai Jafar. (hms5)