Detail Berita

Prioritaskan Layanan Publik Lansia, Anak-Anak dan Ibu Hamil

Senin, 30 Oktober 2017 | Oleh: Humas DPRD Prov
Prioritaskan Layanan Publik Lansia, Anak-Anak dan Ibu Hamil

SAMARINDA. Sekretaris Komisi IV DPRD Kaltim Sandra Puspa Dewi berharap pelayanan publik khususnya di Kalimantan Timur menerapkan terobosan baru untuk memprioritaskan pelayanan kepada warga lanjut usia, anak-anak dan ibu hamil. Penerapan tersebut menurut Politikus PKB ini bisa dilaksanakan dengan menyediakan layanan khusus bagi tiga kategori tersebut.

“Layanan semacam ini bisa diterapkan salah satunya seperti di rumah sakit, apakah itu dengan menerapkan antrean tersendiri misalnya ataupun pelayanan lain dan ruangan khusus,” ungkap Sandra.

Ia mengaku berempati dengan lansia, ibu hamil dan anak-anak yang harus mengantre lama bersama pasien umum lain jika dirumah sakit. Belum lagi jika ditambah dengan proses administrasi yang cukup banyak. Sehingga penerapan layanan khusus merupakan solusi agar meringankan dan memudahkan lansia, anak-anak dan ibu hamil dalam mendapatkan pelayanan seperti di rumah sakit.

Politikus perempuan ini juga menambahkan, terkait pelayanan khusus akan hal ini Sandra menyarankan agar mencontoh beberapa pelayanan yang telah melaksanakan lebih dulu. Dengan begitu dapat dipelajari pula seperti apa standar operasionalnya serta kendala-kendala yang mungkin dihadapi, sehingga dapat diantisipasi.

Lebih lanjut ia juga mengatakan, pelayanan publik juga perlu terus memperbaiki dan  memajukan pelayanannya. Hal ini tentu demi memberikan pelayanan yang lebih baik melalui berbagai terobosan-terobosan baru terkait pelayanan publik. “Tak perlu mau mencontoh dari pelayanan publik ditempat atau daerah lain, selama tidak menyalahi aturan berbagai upaya perbaikan pelayanan publik sangat diharapkan oleh masyarakat. Jika bisa membuat terobosan baru tersendiri tanpa mencontoh malah lebih bagus,” kata Sandra. (hms5)