Detail Berita

Masyarakat Keluhkan Banjir, BPJS Hingga Listrik dan Air Bersih

Senin, 11 September 2017 | Oleh: Humas DPRD Prov
Masyarakat Keluhkan Banjir, BPJS Hingga Listrik dan Air Bersih

SAMARINDA. Permasalahan banjir yang kian memprihatinkan menjadi salah satu keluhan masyarakat yang disampaikan dalam laporan gabungan reses Daerah Pemilihan (Dapil) II Kota Balikpapan yang dibacakan juru bicara Ahmad Rosyidi, pada Rapat Paripurna ke-XXIV DPRD Kaltim, Kamis (7/9).

“Warga di daerah Balikpapan Kota meminta pemerintah Kota Balikpapan memperhatikan permasalahan banjir yang disebabkan oleh parit yang sumbat dan kurang lebar tersebut. Pasalnya akibat banjir beberapa aktivitas masyarakat menjadi terhambat,” kata Politikus PPP ini.

Selain banjir, dalam laporannya, Rosyidi juga menyampaikan kurang optimalnya pelayanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, dan tidak adanya fasilitas posyandu di sekitar wilayah tempat tinggal warga menjadi keluhan masyarakat Balikpapan. Sehingga warga mengharapkan bantuan untuk pengadaan sarana posyandu.

"Terkait Masalah BPJS ini dikeluhkan warga Kecamatan Balikpapan Utara. Selain kurang optimalnya pelayanan, masyarakat juga mengeluhkan kenaikan tarif ditengah kesulitan ekonomi masyarakat,” sebutnya.

Masalah di bidang kesehatan juga dikeluhkan masyarakat Balikpapan Barat yang meminta peningkatan pelayanan kesehatan. Sebab warga sering mendapati Puskesmas di wilayah mereka tidak beroperasi tetap waktu.

Lebih lanjut Anggota DPRD Kaltim yang duduk di Komisi II ini juga menyampaikan keluhan lain dari warga diberbagai kecamatan di Balikpapan. Seperti di Kelurahan Sungai Nangka, Kecamatan Balikpapan Selatan, yang mengharapkan perbaikan jalan lingkungan atau semenisasi. "Selama ini mereka merasa hanya dijanji-janjikan saja, tapi sampai sekarang jalan lingkungan masih tetap rusak. Untuk itu mereka meminta pemerintah segera melakukan perbaikan jalan," tuturnya

Selanjutnya, warga Balikpapan Selatan juga mengeluhkan masalah listrik serta air. Listrik seringkali menjadi keluhan karena sering terjadi pemadaman. “Tak terkecuali masalah air,  Pemerintah Kota Balikpapan diminta segera melaksanakan masterplan pengembangan air bersih, sebab selama ini masyarakat mengeluh terhadap kurang lancarnya distribusi air bersih,” beber Ahmad.

Sedangkan di Kecamatan Balikpapan Tengah dan Balikpapan Timur, masyarakat meminta bantuan Beasiswa Kaltim Cemerlang. “Selain itu, perbaikan dan peningkatan jalan menjadi agregat serta peningkatan drainase di Manggar Baru diharapkan warga untuk dapat membantu pertumbuhan ekonomi agar bisa berjalan lancar dan meningkat,” urainya.

Adapun Anggota DPRD Kaltim yang tergabung dalam Dapil II yaitu Gunawarman, Eddy Sunardi Darmawan, Irwan Faisyal, Shokip, Muhammad Adam, Andika Hasan dan Syarifah Fatimah Alaydrus. (hms5)